Senin, April 09, 2012

Intelegent Transport System (ITS)

Intelegent Transport System (ITS) akan saya bahas merupakan pengertian sempit yang dipakai dalam pembahasan untuk studi kasus saya. Intelegent Transport System (ITS) ini semacam sinyal pada saat trem akan melewati persimpangan. Sehingga akan memberikan kesempatan bagi trem untuk lewat terlebih dahulu. Pada umumnya sama seperti yang ditemukan untuk kereta-kereta yang melewati persimpangan jalan.



Rencananya terdapat alat detector yang berfungsi untuk menangkap sinyal akan kedatangan trem. Sehingga pada jarak 20 meter sebelum trem melewati persimpangan alat detector memberikan sinyal kepada lampu lalu lintas dan memperpanjang durasi. Sehingga rambu akan berubah hijau saat Trem Mulyorejo datang hingga Trem melalui persimpangan tersebut dan begitu pula dengan rambu merah akan menyala secara otomatis saat trem mendekati persimpangan.



Pada dasarnya teknologi detector memiliki fungsi untuk memprioritaskan moda kendaraan yang lebih diprioritaskan. Hal ini dapat mengurangi terjadinya tundaan pada trem Mulyorejo – Genteng. Terdapat dua konsep traffic signal priority yaitu:
  1. Green extention, memberikan tambahan waktu rambu hijau saat trem melalui persimpangan
  2. Terminator to red, memberikan sinyal rambu hijau saat trem mendekati persimpangan yang sedang berambu merah,

Nah tadi cuma salah satu simulasi, rencana gimana nanti tremnya akan beroperasi.