Jumat, Februari 15, 2013

Membuat Daftar Isi Otomatis


Bagian yang sering dikerjakan terakhir dari sebuah laporan adalah daftar isi. Tapi kadang kalanya merupakan bagian yang sering diremehkan dan sering dilupakan karena yang dipentingkan adalah isi laporan sudah selesai.
Tidak akan menjadi masalah jika laporannya tidak tebal. Bagaimana kalau tebal? Ga pusing tujuh keliling tuh kalau harus dikerjakan secara manual..

So let’s cek this out!!

A. Cara yang paling pertama yang harus disiapkan adalah membuat heading pada Ms.      Office tempat kita mengerjakan laporan

Berikut adalah langkah-langkahnya
  1.  Pilih Multilevel list pada Tab paragraph lalu pilih list dengan number yang ada headingnya.
                         
  2. Setelah memilih heading tersebut, maka yang selanjutnya dilakukan adalah modify sesuai dengan keinginan anda. Klik kanan pada heading yang telah anda buat dan modifikasi sesuai kebutuhan anda.
                         
  3. Heading-heading yang lain juga bisa anda modifikasi lagi

     B. Membuat Daftar Isi
     Setelah membuat heading tadi, maka langkah selanjutnya adalah membuat daftar isi. Heading tersebut akan bekerja seperti link.
Berikut adalah langkah-langkahnya:
  1. Keluarkan daftar isinya memakai Table Of Content
                 
  2. Setelah memilih Table of content, maka akan tampil seperti gambar berikut (ini masih dalam satu dokumen tempat mengerjakan laporan)
               
  3. Setelah itu buka word baru dan Copy  daftar isi tadi.
  4. Pastekan daftar isi yang sudah di copy menggunakan paste spesial
                         
  5. Lalu pilih Unformatted Unicode Text agar hasil yang di copy tidak berantakan
                          
  6. Namun hasilnya pasti akan seperti ini. Nah untuk memunculkan titik-titiknya maka ikuti langkah 7.
                         
  7. Agar titik-titiknya muncul maka dilakukan cara berikut
  8. Blok semua daftar isi yang tadi di copy trus klik dua kali dibagian rule
                         
  9. Nanti muncul seperti di bawah ini trus pilih yang ada di lingkaran. Selanjutnya di rapikan sendiri yaaaa...heheheee
                           
  10. Merapikannya juga ga repot koq.
  11. Agar hasilnya rapi dan saling sejajar. Gunakan ruler dan klik dua kali hingga muncul left tab.
                         
                         

SELAMAT MENCOBA.

*Jika menggunakan Ms. Office 2010 pasti ga usah muter-muter kayak gini..hehehe










Tidak ada komentar:

Posting Komentar