Kamis, Februari 06, 2014

Sering Lupa?

Mungkin sudah banyak yang membahas mengenai bagaimana caranya agar mempertahankan daya ingat kita. Ada berbagai cara yang ditawarkan dan salah satunya adalah tidur yang cukup. Quite simple, right? Tapi bagaimana jika urusan pekerjaan menuntut kita hingga harus lembur dan hanya tidur 2-3 jam. Well it's happen to me again and again walaupun sudah berusaha untuk menyicil setiap pekerjaan. 



Setelah perbincangan panjang dengan master meditasi, Koko Roni (LOL), aku mendapat sebuah pencerahan baru. Memang tidak bisa dipungkiri bahwa usia akan bertambah dan kinerja otakpun akan semakin menurun. Kinerja otak yang akan semakin menurun dapat kita tanggulangi dengan melakukan senam otak. Senam otak yang saya maksud ini cukup sederhana, karena dengan hanya mengingat kita sudah melakukan senam otak. 

SERING LUPA? Let's fix it!!
Mengingat merupakan salah satu cara sederhana agar dapat tetap menyeimbangkan kinerja otak. Nah ada rulenya saat kita benar-benar ingin melakukannya. Hal ini cukup sederhana, yaitu dengan mengingat kejadian yang telah kita lakukan selama seharian sebelum tidur dan pada saat bangun tidur. Sebelum tidur lakukan aktivitas kecil ini untuk melatih otak dan mencengah penyakit sering lupa. 

Untuk aktivitas pada saat bangun tidur, bisa kita lakukan dengan mengingat kembali kegiatan seharian kemarin sampai posisi tidur.
Lakukan hal ini setiap hari dengan perlahan-lahan. Jika kita sudah mahir mengingat kegiatan selama satu hari, coba untuk mengingat yang lebih jauh lagi, misalnya kegiatan dua hari sebelumnya dan terus meningkat setiap harinya, misalnya mengingat, tiga hari sebelumnya dst.

Mengapa kegiatan ini lebih baik dilakukan pada saat sebelum tidur?
Menurut suhu (Koko Roni), hal ini untuk mengajarkan kita untuk tetap bersyukur terhadap hari-hari yang udah kita lewatin dan mencoba untuk menyimpan setiap kejadian dengan mengingatnya kembali. Sama halnya seperti memory komputer. Kita dapat melihatnya kembali dengan menyimpannya dalam sebuah folder. Di balik semua itu, ada hal yang mendasarinya, yaitu "karena pada saat mau tidur alam sadar dan bawah sadar hampir sama porsinya dan ini yang bisa buat balance". Kurang lebih begitulah alasannya.

Sebenarnya sih masih kurang paham, setelah oprek-oprek mbah google akhirnya ketemu satu alasan yang membantu menjelaskan hal tersebut (sumber: Malikah, 2013) .

Pada saat tidur kita berada dalam kondisi gelombang otak yang rendah. Gelombang otak yang rendah ini akan memperbaiki ingatan dengan menguatkan koneksi antar neuron. Itulah sebabnya menurut para ilmuan, tidur adalah hal yang penting untuk memelihara ingatan dan pemikiran. Pada saat kita terjaga, otak kita akan menyimpan informasi dari pengalaman-pengalaman yang sudah kita alami sehari-hari pada bagian hippocampus (otak tengah). Namun dalam jangka waktu yang panjang, ingatan-ingatan kita perlu menyimpan ke bagian selaput otak, dimana informasi yang baru dan yang sudah didapat saling berhubungan. Dengan melewati proses tidur, akan mempermudah kita untuk menerima informasi yang baru dan mempertahankannya, dan perlahan informasi tersebut akan masuk ke dalam memori jangka panjang.

Brain Jobs (pinterest.com)

Nah, dengan aktivitas mengingat sebelum tidur dapat membantu kita untuk tidak gampang lupa karena pada saat tidur, otak akan memproses dan menyimpannya untuk jangka waktu yang lama.

How Brain Documenting Everything You Thought
About In One Day (pinterest.com)
Hal ini juga sebenarnya menjawab, mengapa perlu tidur yang berkualitas terlebih dahulu sebelum melanjutkan berbagai aktivitas yang tersisa. Masih menurut sumber yang sama, dijelaskan bahwa pada saat tidur sebenarnya otak masih bekerja. Pada saat tidur otak menganalisis pengalamam kita ketika terjaga, dan memberikan strategi untuk menyelesaikan solusi penyelesaian masalah.

Masih abstrak ya.. yuk kita simak contoh ini

Para peneliti membuat sebuah uji coba dengan memberikan teka-teki yang menggunakan angka-angka. Individu diberikan angka-angka yang berbeda dan mereka ditugaskan untuk mencari jawaban dengan cepat, sebenarnya hasil teka-teki tersebut selalu sama ketika individu mengoperasikan teka-teki kedua, jika individu menyadari trik tersebut. Individu pasti akan melewati bagian yang lain dan langsung berhasil menjawab teka-teki jauh lebih cepat.

Nah, dalam hal ini, individu yang mengerjakan rangkaian teka-teki sebelum tidur dan mengerjakan rangkaian lain keesokkan harinya, akan TIGA KALI lebih mudah mendapatkan trik mengerjakan teka-teki tersebut, dibandingkan dengan individu yang mengambil waktu lama untuk mengerjakan teka-teki tersebut saat tidur. 

Hm, so that's why, sebelum tidur lebih baik dipelajari dahulu pekerjaan yang akan dikerjakan, setelah itu beristirahatlah sejenak (tapi berkualitas) dan lanjutkan keesokan harinya. :)