Selasa, April 15, 2014

Gua Kristal (Crystal Cave), Bolok, Kabupaten Kupang

Apa? Lu mau pi mana?
Gua Kristal? Di mana tuh?


Kira-kira begitulah jawaban yang keluar dari teman-temanku setelah aku mencoba mengajak mereka ke gua kristal. Dengan logat khas Kupang yang kental mereka merasa sedikit tercengang dengan ajakanku. Aku tidak kanget lagi dengan respon yang muncul karena sebelumnya, berdasarkan referensi yang aku baca, belum banyak orang yang tahu tempat ini.

Akhirnya hari Senin bertepatan dengan Libur Nyepi, kami memutuskan untuk langsung meninjau lokasi. Aku pun tidak tau di mana lokasi Gua Kristal ini. Kami pergi hanya dengan berbekal petunjuk dari artikel-artikel yang kubaca. Tidak ada yang perlu ditakutkan karena tidak mungkin kan kita bakal nyasar di kota sendiri..haha..Yang menjadi patokan adalah gua kristal ini dekat dengan Kantor Polisi Air Bolok.  
Oke saya jelaskan sedikit dulu yaa tentang gua kristal ini. Gua kristal ini terletak di Bolok, Kecamatan Kupang Barat, Kabupaten Kupang. Gua ini menarik perhatian saya karena tidak seperti gua pada umumnya. Untuk masuk ke gua ini, kita harus sedikit melakukan usaha, yaitu menuruni tebing terjal di dalam gua. Di dalam gua ini terperangkap air payau yang entah dari mana asalnya. Jika kita datang di saat yang tepat, kita bisa melihat kilauan air yang ada di dalam gua akibat pantulan cahaya matahari,

Waktu itu kami pergi pada saat matahari sedang terik-teriknya alias jam 12 siang. Sebenarnya tidak disarankan untuk datang pada saat jam 12 ke atas karena kondisi di dalam gua sudah agak gelap dan tidak terlihat lagi jernihnya air yang ada. Tapi hal ini tidak menyurutkan langkah kaki kami untuk mencari lokasi Gua Kristal. :D. Lama perjalanan menuju ke gua kristal ini sekitar 30-45 menit. Tapi selama perjalanan kami masih sempatkan diri untuk berhenti berfoto-foto dulu.

Berhenti dulu donk buat kenang-kenangan di sini!

Cantik kan?

Sebelum sampai ke gua kristal kami sempatkan diri ke warung membeli minum (di persimpangan menuju ke kantor polisi air Bolok). Di tempat ini kami bertemu dengan dua malaikat kecil yang akhirnya menunjukan jalan menuju gua kristal.hehe. Senangnya bukan main. Jadi kami tidak perlu menanyakan orang lagi harus kemana.

Novi dan siska yang sudah membantu kami menemukan lokasi gua kristal :)
(tanda biru itu adalah tanda menuju ke polisi air Bolok)
Setelah sampai di sana kami kaget karena banyak kendaraan yang parkir di jalan menuju ke gua kristal ini. Wah sepertinya persepsiku salah kalau gua ini belum banyak yang mengetahui (padahal referensi yang saya baca tahun 2013 lho)..


Seperti yang sudah aku review tadi, akses menuju ke dalam gua ini cukup ekstrim. Kita harus turun melewati daerah terjal untuk sampai ke dasar gua. Tapi sebelumnya mari aku tunjukin bagaimana pintu masuknya.

Masih yakin masuk ke dalam?
Dan inilah tebing dalam gua yang sudah berhasil di taklukan..

Karena kami datangnya sudah kesiangan dan kondisi dalam gua sudah agak gelap sehingga tidak memungkina untuk memotret dalam gua. (maklum kameranya standar)..haha
Tapi mungkin beberapa gambar hasil jepretan sahabat saya bisa menggungah anda ke gua kristal.
Jernih kan airnya.. Air ini air payau lho!
Sekarang tempat ini menjadi alternatif liburan bagi warga Kota Kupang dan disekitaran Bolok. Lihat saja sudah banyak orang yang berani berkunjung ke tempat ini, ada yang sekedar melihat-lihat ataupun berenang merasakan jernihnya air di dalam gua. Tempat ini sudah bukan lagi tempat yang ditakuti (seperti referensi yang aku baca sebelumnya). 

Tempat ini juga belum dilirik oleh pemerintah setempat untuk dikelola menjadi tempat wisata. So, buat teman-teman yang ingin merasakan nikmatnya berenang di dalam gua ini, tolong jaga kebersihan di dalam dan di luar gua ya! Alasanya sederhana.. Demi mempertahankan kejernihan air dan keasrian tempat ini. 
Karena dengar-dengar nih ya, setiap bule yang datang ke Kupang pasti mintanya diantar ke gua kristal dan mereka ga cuma satu, biasanya rombongan dalam jumlah yang tidak sedikit. Dengan sikap toleransi dan menjaga lingkungan kita tetap bisa mempertahankan kondisi yang ada. Dan semoga ke depannya akan menarik banyak wisatawan sehingga suatu saat akan di kelola lebih baik lagi oleh pemerintah ataupun sektor swasta. :D



Tidak ada komentar:

Posting Komentar