Senin, Juni 11, 2012

Refleksi Malam (DIA YANG JAUH MENDEKATKAN DIRI KARENA KASIH)

Saya pernah mendengar ataupun mungkin pernah ditanyakan oleh seorang teman, apakah orang Kristen boleh berbuat dosa "wong udah selamat aja koq"..hm...dulunya saya sih masih bingung mau jawab apa..hehehe..
Tapi saya mengerti sekarang. Justru karena sudah selamat tersebut orang Kristen mempunyai hutang untuk hidup tidak menurut keinginan daging lagi, tapi hidup berdasarkan roh, kebenaran dan kasih.
Saya menulis ini karena saya pernah membaca dalam alkitab (tapi saya lupa dibagian mana) bahwa nantinya akan ada yang mempertanyakan mengenai karunia yang kita dapatkan secara cuma-cuma ini "kehidupan kekal bersama Allah dan Kristus Yesus"


Nah sekarang saya mau jabarin...apa yang saya dapatin dari hasil refleksi saya terhadap pertanyaan tersebut.
Kristrus mati di atas kayu salib untuk kita dan mengangkat kita dari lumpur dosa karena manusia sendiri tidak mampu untuk menjadi sempurna seperti Allah. intinya semua manusia berdosa (Roma 3:10
3:10seperti ada tertulis: "Tidak ada yang benar, seorangpun tidak.)
, ia tidak mampu untuk membersihkan dirinya sendiri (mana ada barang rusak bisa memperbaiki diri sendiri).
Kristus telah mati untuk dosa. So bagaimana mungkin kita bisa hidup dalam dosa lagi kalau Kristus sudah membayar dosa kita. Kita berhutang pada Kristus untuk hidup tidak menurut daging (penyaliban merupakan simbol bahwa kita telah mati terhadap keinginan daging) tapi kita diwajibkan untuk hidup menurut roh (see ROMA 8:8-14).

8:8Mereka yang hidup dalam daging, tidak mungkin berkenan kepada Allah.
8:9Tetapi kamu tidak hidup dalam daging, melainkan dalam Roh, jika memang Roh Allah diam di dalam kamu. Tetapi jika orang tidak memiliki Roh Kristus, ia bukan milik Kristus.
8:10Tetapi jika Kristus ada di dalam kamu, maka tubuh memang mati karena dosa, tetapi roh adalah kehidupan oleh karena kebenaran.
8:11Dan jika Roh Dia, yang telah membangkitkan Yesus dari antara orang mati, diam di dalam kamu, maka Ia, yang telah membangkitkan Kristus Yesus dari antara orang mati, akan menghidupkan juga tubuhmu yang fana itu oleh Roh-Nya, yang diam di dalam kamu.
8:12Jadi, saudara-saudara, kita adalah orang berhutang, tetapi bukan kepada daging, supaya hidup menurut daging.
8:13Sebab, jika kamu hidup menurut daging, kamu akan mati; tetapi jika oleh Roh kamu mematikan perbuatan-perbuatan tubuhmu, kamu akan hidup.
8:14Semua orang, yang dipimpin Roh Allah, adalah anak Allah.
http://www.sabda.org/sabdaweb/bible/chapter/?b=45&c=8

Tubuh kita (yang penuh dosa) sudah disalibkan jadi justru kita harus hidup menurut roh, kebenaran, dan kasih) karena kita adalah anak yang berasal dari Allah yang telah ditebus. Kita tetap hidup menurut taurat (malah menggenapinya) karena kasih adalah kegenapan hukum taurat (ROMA 13:10)


13:10Kasih tidak berbuat jahat terhadap sesama manusia, karena itu kasih adalah kegenapan hukum Taurat.

Saya baru tersadar saat pendeta berkata bahwa tidak semua perbuatan Allah dapat kita selami karena ALLAH yang menciptakan kita dan bagaimana kita dapat menjadikan ALLAH hanya sekedar teori dan dapat diterima oleh akal pikiran manusia (bukankah sama artinya bahwa ALLAH itu sama seperti manusia karena semuanya dapat diterima oleh akal) See Kisah Para Rasul 7:48-50.

7:48Tetapi Yang Mahatinggi tidak diam di dalam apa yang dibuat oleh tangan manusia, seperti yang dikatakan oleh nabi:
7:49Langit adalah takhta-Ku, dan bumi adalah tumpuan kaki-Ku. Rumah apakah yang akan kamu dirikan bagi-Ku, demikian firman Tuhan, tempat apakah yang akan menjadi perhentian-Ku?
7:50Bukankah tangan-Ku sendiri yang membuat semuanya ini?

dan ini adalah ayat aslinya (Yesaya 66:1-2)

66:1Beginilah firman TUHAN: Langit adalah takhta-Ku dan bumi adalah tumpuan kaki-Ku; rumah apakah yang akan kamu dirikan bagi-Ku, dan tempat apakah yang akan menjadi perhentian-Ku?
66:2Bukankah tangan-Ku yang membuat semuanya ini, sehingga semuanya ini terjadi? demikianlah firman TUHAN. Tetapi kepada orang inilah Aku memandang: kepada orang yang tertindas dan patah semangatnya dan yang gentar kepada firman-Ku.
Semoga bermanfaat
^.^